Sejumlah Objek Wisata, Yuk Kita Kunjungi di Kalsel

 

Menara Pandang di Tepi Sungai Martapura, Banjarmasin

portalbanua.com, BANJARMASIN

Banyak objek wisata di Bumi Lambung Mangkurat (Kalimantan Selatan), yang mungkin masih belum kita mampir kesana. Yuk Kunjungi Sejumlah Objek Wisata di sini.

Untuk berlibur bersama keluarga, kerabat, handai tolan, dan lainnya. Maka cocok objek wisata di bawah ini kita dikunjungi, seperti dilansir sejumlah situs, di banua ini.

1. Labirin Pelaihari

Buat kamu yang udah pernah nonton film The Maze Runner dan ingin merasakan sensai lolos dari labirin seperti di film?, kamu cukup cobain wisata yang satu ini! Keseruan dan hype-nya yang cukup menegangkan. Berada di lokasi kantor BP3T, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut.

Taman Labirin Pelaihari (tripadvisor)

Labirin ini menjadi daya tarik tersendiri karena keunikannya dan tingkat kesulitannya.

Alamat: Sungai Jelai, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. 

2. Pasar Terapung Lok Baitan

Lok Baitan adalah tempat yang wajib kamu kunjungi di Kalimantan Selatan, dimana lagi kamu bisa menemukan pasar terapung yang begitu ikonik, dengan metode pembayaran yang masih Tradisional.

Pasar Terapung Lok Baintan (celebes.co)

Tapi kamu gak bisa datang sembarang ke sini lho, ya, berikut tips untuk menikmati sensasi dan pengalaman di Lok Baitan, tipsnya adalah, datang dengan menggunakan Perahu Klotok dari pusat Kota Banjarmasin selepas waktu sholat subuh, nikmati sarapan pagi khas Kalimantan Selatan dan yang terpenting, jangan pernah buang sampah di sungai!

Alamat: Jalan Sungai Martapura Jalan Sungai Tandipah, Sungai Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan

3. Goa Batu Hapu

Goa ini memiliki ruang yang luas dan tekstur dinding yang tidak biasa. Pada dasar dan langit goa, bisa bikin kamu terpukau dalam sekejap. Lubang-lubang di langit goa, yang membiarkan cahaya matahari masuk menambah eksotisme goa itu sendiri.

Akses masuk ke dalam goa tak sulit, selain karena lokasinya yang mudah di jangkau. Keindahan goa ini bisa dinikmati dengan mudah.

Goa Batu Hapu (indonesiakaya)

Alamat: Batu Hapu, Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan 

4. Hutan Pinus Mentaos

Hutan pinus tengah kota yang instagenik! Fungsi utama hutan pinus menjadi paru-paru kota, tapi kini telah menjadi destinasi wajib bagi instagrammer yang datang ke Kalimantan Selatan.

Selain atmosfernya yang adem. Hutan Pinus Mentaos menjadi salah satu tempat yang cozy banget untuk bersantai, banyak payung warna-warni bergantungan yang bisa menjadi background untuk kamu foto-foto. Selain itu kamu juga bisa bersantai di sudut hammock yang tak kalah asiknya, kamu pun juga bisa berolahraga di bagian jogging track.

Hutan Pinus Mentaos Banjarbaru (celebes.co)

Alamat: Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan

5. Rumah Jomblo

Rumah Jomblo atau bisa disebut Rumah Penyendiri di atas bukit. Sebenarnya Rumah Jomblo bukanlah tempat wisata, tapi keunikannya menjadikan hal yang tidak boleh dilewatkan oleh para travaler.

Rumah Jomblo secara kontruksinya tidak menunjukan sesuatu yang istimewa, terbuat dari kayu memiliki kesan rapuh dan using. Namun uniknya rumah ini satu-satunya yang berada di gundukan tanah, atas bukit di tengah area perumahan. Selain karena sendirian, pemandangan yang kontras justru menjadi daya tariknya.

Rumah Jomblo Cempaka Banjarbaru (amazingkalsel)

Alamat: Cempaka, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan

6. Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

Pasar Terapung Muara Kuin memang berbeda dan unik karena kegiatan jual belinya berada di atas sungai menggunakan perahu-perahu kecil sebagai lapaknya.

Pasar terapung di tepi Sungai Barito, yakni Pasar Muara Kuin yang menjadi pasar apung tradisional tertua di Indonesia. Awalnya pasar ini memang sudah ada sejak abad ke-14, sebelum Kerajaan Banjar berdiri. Namun, dengan berdirinya Kerajaan Banjar, pasar ini menjadi semakin hidup. (ad/brt/tim)

Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin (istimewa)


 

0 Komentar