Belum Terjamah, Gunung Perawan Oleh Pendaki

 



portalbanua.com

Dari semua gunung yang ada di pemukaan bumi ini ternyata ada sedikitnya 3 gunung yang masih perawan dan belum terjamah oleh manusia.

Bagi seorang pendaki sejati tentu saja hal itu menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk menaklukkannya.

Mendaki gunung merupakan sebuah aktivitas yang diminati oleh banyak orang, khususnya para pecinta alam.

Keberadaan gunung – gunung yang menjulang tinggi memiliki daya tarik tersendiri bagi para peminatnya.

 

Namun diantara banyaknya pegunungan yang telah dijelajahi, siapa sangka 3 gunung berikut justru belum pernah dijamah oleh manusia.

Sehingga bisa dipastikan bahwa kealamiannya masih terjaga.

1. Gangkhar Puesum (Bhutan)

Gunung ini terletak di Bhutan dan tak jauh dari perbatasan China. Gunung ini tentu menggoda banyak petualang untuk mencoba peruntungan mereka.

Namun sejak tahun 1994, pemerintah Bhutan melarang siapapun untuk mendaki gunung setinggi 6000 meter tersebut.

Hal ini dikarenakan kepercayaan dan tradisi masyarakat mengenai pucuk gunung yang dianggap sebagai rumah suci para dewa serta roh leluhur.

Larangan tersebut kemudian diperbarui pada tahun 2003 hingga akhirnya Pemerintah Bhutan pun memberlakukannya untuk semua jenis pendakian di wilayahnya. 


2. Muchu Chhish (Pakistan)

Percobaan terakhir untuk menaklukkan gunung setinggi 7.452 meter ini dilakukan oleh pendaki asal Inggris bernama Pete Thompson pada tahun 2014.

Namun, Pete gagal sampai ke puncak dan harus turun kembali saat sudah mencapai ketinggian 6.000 meter

Salah satu penyebab sulitnya gunung ini ditaklukkan adalah karena kondisi jalan menuju puncak yang terlalu curam dan sulit untuk didaki.


3. Kabru (Nepal)

Pada tahun 1883 dan 1905, titik tertinggi yang pernah dicapai oleh manusia di gunung ini adalah 7.338 meter.D

iketahui, pada tahun 1883 seorang pengacara asal Inggris bernama William Graham dan pengusaha hotel asal Swiss bernama Emil Boss serta pemandunya yakni Ulrich Kauffmann sudah berada pada 30-40 kaki di bawah puncak gunung tersebut


Graham menggambarkan puncak gunung itu tak lebih dari sebuah pilar es, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk turun. Pencapaian Graham, Emil, dan Ulrich di ketinggian kurang lebih 7.325 mter tersebut merupakan sebuah prestasi luar biasa kala itu. (brt/adh/tim).

0 Komentar