Bappeda Kotabaru Gelar Forum Satu Data, Satu Peta Indonesia

portalbanua.com, KOTABARU

Dalam rangka pelaksanaan Forum Satu Data Satu Peta, Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kotabaru melaksanakan kegiatan penandatangan berita acara kesepakatan bersama dan Launching Web Satu data Kabupaten Kotabaru, bertempat Hotel Grand Surya Kotabaru, Rabu (30/11/2022)

Bupati Kotabaru dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Bidang Pekonomian dan Pembangunan Drs. Murdianto secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan forum satu mata, satu peta dalam sambutannya mengatakan, Forum Satu Data Kabupaten Kotabaru berperan penting untuk meningkatkan wawasan dan menyamakan persepsi kita guna mewujudkan satu data Indonesia ditingkat daerah yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan. 

"Yang lebih penting, katanya, sistem satu data ini adalah agar mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi Pusat maupun daerah, agar terwujudnya sistem Pemerintahan yang efesien, efektif, transfaran dan akuntabel." Ucapnya

Oleh karenanya, dijelaskan Murdianto lebih jauh diperlukannya komitmen, kolaborasi, koordinasi dan sinergi seluruh pihak terkait agar satu data di Kabupaten Kotabaru bisa berjalan dengan optimal, sehingga memberikan manfaat bagi pembangunan daerah. 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Kotabaru sekaligus penyelenggara acara Satu Data Indonesia di Kabupaten Kotabaru, Ir. Rurien Srihardjanti mengatakan, peran satu data sangat menentukan dalam pengambilan keputusan, kebutuhan.

"Untuk itu, Ucapnya, Pemerintah sebagai dasar  perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan. dan suatu hal yang mendasar data yang berkualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan yang tepat berguna, dan tepat sasaran, adaptif yang berkelanjutan," tuturnya

Ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, Data ini adalah jenis kekayaan baru, saat ini data adalah New Oil dan bahkan lebih berharga dari minyak data yang Valid menjadi salah satu Kunci pembangunan.



Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatangan berita acara kesepakatan Forum Satu Data Kabupaten Kotabaru, Asisten Pemerintahan, Badan Pusat Statistik Kabupaten Kotabaru, dan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Lingkup Kotabaru yang dihadiri seluruh tamu undangan.(brt/adh/tim)

0 Komentar