Bandara Kertajati Majalengka Jadi Embarkasi Haji

Bandara Internasional Kertajati di Majalengka Jawa Barat
  

PORTALBANUA.COM - JAKARTA

Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat telah resmi menjadi salah satu bandara embarkasi haji di Indonesia. Nantinya, masyarakat di sekitar Jawa Barat bisa langsung terbang ke tanah suci lewat Bandara Kertajati.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengkonfirmasi hal tersebut. Menurutnya, Bandara Kertajati masuk ke dalam daftar 13 bandara embarkasi haji dalam Keputusan Menag Nomor 167 Tahun 2023 tentang Embarkasi dan Debarkasi Haji.

"Ya betul memang sudah diberi lampu hijau oleh Kemenag lewat KM Nomor 167 tahun 2023," ucap Adita, seperti yang dilansir  detikcom, Jumat (17/3/2023).

 

Baca Juga: Kemen LHK Ajak Bergerak Sukseskan Pengendalian


Selanjutnya, Adita menjabarkan Kertajati akan menjadi embarkasi untuk jamaah haji dari 7 kabupaten/kota di Jawa Barat. Mulai dari Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang.

Bandara yang sempat disebut-sebut sempat mati suri ini sebelumnya telah mendapatkan lampu hijau dari Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi untuk melayani penerbangan haji.

Tim GACA pun sudah melakukan uji kelaikan untuk penerbangan haji dari Bandara Kertajati. Dari hasil uji tersebut, GACA Arab Saudi disebut sudah memastikan Bandara Kertajati dinyatakan siap dan layak untuk menyelenggarakan penerbangan haji 2023.

 

Baca Juga: Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin Menerima Pengharga

"Pihak GACA menerjunkan tim untuk melakukan assessment kelaikan bandara melayani penerbangan haji 2023 ini. Kami telah dikunjungi tim GACA lagi terkait asesmen kesiapan layanan di Bandara Kertajati untuk penerbangan haji," kata Vice President Corporate Secretary PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Dian Nurrahman, dikutip dari Antara, Kamis (16/2/2023) lalu.

Di sisi lain, dalam aturan yang disebutkan Adita, masih ada beberapa bandara lainnya yang bakal jadi embarkasi haji tahun ini. Mulai dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Bandara Internasional Kualanamu Medan, Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Bandara Internasional Minangkabau Padang, hingga Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Kemudian Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Internasional Adi Sumarmo Solo, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Internasional Hasanuddin Makassar, dan Bandara Internasional Lombok. (*)

 

Baca Juga: Ketua SMSI Banjarmasin Didaulat Jadi Juri Pitching,

Follow Google News Portal Banua dan Ikuti Beritanya 

 



 

0 Komentar