Tips #Cari_Aman Berkendara Saat Hujan

Tips #Cari_Aman Berkendara Saat Hujan

PORTALBANUA.COM - BANJARMASIN

Hujan seringkali menghambat para pengendara sepeda motor ketika beraktivitas sehari-hari. Sebagai pengguna sepeda motor, maka kita perlu mengetahui cara aman berkendara di saat hari sedang diguyur hujan.

“Hal ini cukup penting, sebab dengan mengutamakan cara berkendara yang benar dapat menghindarkan kita dari risiko kecelakaan di jalan,” ucap Yoga Prabowo PIC Safety Riding PT Trio Motor, Main Dealer Honda Kalselteng.

Baca Juga: Doa Rasulullah SAW Jelang Ramadan

Berikut ini, kata Yoga, beberapa tips yang dibagikan, bagi pengendara motor agar tetap nyaman dan aman saat hujan.

  1. Jas Hujan ;

Jas hujan tentunya menjadi hal yang wajib dipakai saat mengendarai motor di tengah hujan. Agar lebih aman, sebaiknya gunakan jas hujan yang bertipe baju (bukan ponco).

  1. Atur Kecepatan ;

Jangan mengendarai motor dengan ngebut saat hujan turun. Saat mengerem, gunakan rem belakang lalu dilanjutkan dengan rem depan secara perlahan untuk menghindari selip ban.

  1. Hindari Genangan Air ;

Jalan yang berlubang seringkali tidak terlihat karena tertutup oleh genangan air. Oleh karena itu jangan melewati genangan air untuk menghindari kecelakaan akibat lubang di jalan.

  1. Gunakan Sepatu dan Jangan Melipat Celana Panjang ;

Sebaiknya gunakan sepatu boots agar lebih aman karena kondisi jalan yang licin. Selain itu, jangan lipat celana panjang apabila Anda sedang memakainya karena mesin sepeda motor yang panas dapat melukai kaki.

  1. Nyalakan Lampu Depan ;

Saat hujan lebat, nyalakan lampu depan motor agar pengendara lain dapat melihat keberadaan dari kaca spion.

  1. Berteduh ;

Baca Juga: Bank Kalsel Salurkan KUR Dukung Program SISKA KUINTIP

Jika hujan turun lebat disertai angin dan petir, jangan memaksakan untuk tetap mengendarai motor. Berteduh lah dahulu hingga hujan agak reda dan cukup aman untuk melanjutkan perjalanan.

“Demikianlah beberapa tips aman dan nyaman berkendara sepeda motor di saat hari sedang diguyur hujan. Semoga bermanfaat,” tutup Yoga. (ad/brt/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya 
 

 

0 Komentar