Cara Atur Keuangan saat Lebaran untuk Ibu Rumah Tangga

Menghitung Uang (Foto Ilustrasi)
PORTALBANUA.COM - JAKARTA

Tip Cara Atur Keuangan saat Lebaran untuk Ibu Rumah Tangga Kompas.com, Kamis, 20 April 2023 | 23:03 WIB DOK. Unsplash Ilustrasi uang tunai.

KOMPAS.com - Ibu rumah tangga harus pandai mengatur keuangan, apalagi menjelang Lebaran. Sebab, banyak kebutuhan rumah tangga yang perlu dipenuhi saat hari raya tersebut, termasuk mudik ke kampung halaman.

Perencanaan keuangan yang baik juga diperlukan agar kondisi keuangan tetap sehat setelah mudik. Ini mengingat, banyak orang yang mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi menyenangkan sanak saudara. Meski wajar, Anda sebaiknya membatasi hal tersebut supaya keuangan tidak habis.

Baca Juga: Momen Idul Fitri, Kembali Telahir Fitrah

Penghematan juga perlu dilakukan karena harga-harga juga cenderung naik saat Lebaran, mulai dari bahan pokok, biaya transportasi, hingga kebutuhan pribadi.

Jika tidak berhemat, pengeluaran Anda akan semakin banyak. Salah satu cara menghemat anggaran yang bisa dilakukan adalah melalui aplikasi.

Nasabah Tabungan BRI BritAma dapat memanfaatkan aplikasi BRImo agar keuangan rumah tangga bisa dengan mudah dikelola dan dipantau kapan saja. Supaya lebih jelas, berikut tips keuangan mengatur keuangan untuk ibu rumah tangga.

Baca Juga: Ditetapkan Pemerintah, Lebaran Idul Fitri 2023 Sabtu 22 April

1.      Buat daftar rincian

ADVERTORIAL Tip Atur Keuangan saat Lebaran untuk Ibu Rumah Tangga Kompas.com, Kamis, 20 April 2023 | 23:03 WIB DOK. Unsplash Ilustrasi uang tunai. KOMPAS.com - Ibu rumah tangga harus pandai mengatur keuangan, apalagi menjelang Lebaran. Sebab, banyak kebutuhan rumah tangga yang perlu dipenuhi saat hari raya tersebut, termasuk mudik ke kampung halaman. 

Pe  Pencanaan keuangan yang baik juga diperlukan agar kondisi keuangan tetap sehat setelah mudik. Ini mengingat, banyak orang yang mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi menyenangkan sanak saudara.

M  Meski wajar, Anda sebaiknya membatasi hal tersebut supaya keuangan tidak habis. Penghematan juga perlu dilakukan karena harga-harga juga cenderung naik saat Lebaran, mulai dari bahan pokok, biaya transportasi, hingga kebutuhan pribadi.

Ji  Jika tidak berhemat, pengeluaran Anda akan semakin banyak. Salah satu cara menghemat anggaran yang bisa dilakukan adalah melalui aplikasi. Nasabah Tabungan BRI BritAma dapat memanfaatkan aplikasi BRImo agar keuangan rumah tangga bisa dengan mudah dikelola dan dipantau kapan saja.

Su  Supaya lebih jelas, berikut tips keuangan mengatur keuangan untuk ibu rumah tangga. Buat daftar rincian Tip pertama, buatlah daftar pengeluaran saat mudik Lebaran secara rinci.

RiRinciannya meliputi ongkos tiket jika menggunakan transportasi umum atau biaya bahan bakar minyak (BBM) serta tol bila menggunakan kendaraan pribadi. Kemudian, biaya makan selama perjalanan mudik dan saat di kampung halaman, serta oleh-oleh beserta estimasi harganya.

JiJika ingin membagikan tunjangan hari raya (THR), pastikan Anda juga mencatatnya. Pencatatan tersebut dapat mudah dilakukan dengan aplikasi BRImo. Sebab, semua transaksi nasabah dapat terpantau secara real-time. Dengan demikian, pembuatan rincian keuangan bisa semakin mudah dilakukan. Segera buat Tabungan BRI BritAma dari rumah dengan BRImo agar keuangan rumah tangga Anda semakin mudah dipantau.


2. Pisahkan biaya mudik dengan kebutuhan Lain

Memisahkan biaya mudik dengan biaya lain penting dilakukan supaya tidak tercampur dan aliran keuangan menjadi jelas. Jika hal ini tidak dilakukan, Anda bisa saja menghabiskan uang yang tidak sesuai perencanaan untuk hal tidak terduga atau penting. Oleh karena itu, Anda dapat membuat perkiraan besaran biaya yang akan dihabiskan selama mudik ke kampung halaman.

 3.     Bawa uang tunai secukupnya

 Saat mudik, ada baiknya Anda membawa uang tunai secukupnya. Sebab, membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat melakukan perjalanan jauh amat berisiko. Selain itu, membawa uang tunai dalam jumlah banyak juga cenderung membuat seseorang tergoda untuk berbelanja di luar kebutuhan..

4. Gunakan aplikasi BRImo

Perencanaan keuangan yang baik dan matang tidak akan berguna jika tidak dipraktikkan. Supaya lebih mudah dalam mengatur pengeluaran selama mudik Lebaran, Anda bisa mengandalkan aplikasi BRImo. Aplikasi ini akan mencatat seluruh transaksi Anda.

Dengan demikian, Anda bisa mengontrol arus keuangan dengan lebih mudah. Sebagai nasabah BRI, Anda tidak akan merasa khawatir dengan kelancaran transaksi selama mudik lebaran. Pasalnya, layanan digital dari BRI bisa mengakomodasi semua kebutuhan Anda sebagai nasabah Tabungan BRI BritAma.

Dengan aplikasi BRImo, Anda bisa memenuhi semua layanan perbankan dari genggaman tangan. Anda bisa menginstal aplikasi BRImo di PlayStore bagi pengguna Android, AppStore bagi pengguna Apple, serta AppGallery jika Anda pengguna Huawei.

Buka rekening Tabungan BRI BritAma sekarang juga dan kelola uang saat lebaran. #BeraniBanyakMau, ingat BRImo.  (adh/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya


0 Komentar