Jamaah Haji Kloter 9 Embarkasi Banjarmasin Mulai Umrah Sunnah

Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin

PORTALBANUA.COM - BANJARMASIN

Ketua Kloter 09 Embarkasi Banjarmasin, Fauzan Ahsani, melaporkan bahwa setelah melaksanakan umrah wajib pada hari pertama kedatangan mereka di Arab Saudi pada Jumat, 24 Mei 2024, para jamaah kini memulai umrah sunnah pertama mereka, Senin (27/5/2024)

“Jemaah haji dari Kabupaten Tabalong yang tergabung dalam Kloter 9 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 09) mulai melaksanakan umrah sunnah di Makkah, Arab Saudi. Kegiatan umrah sunnah ini dilakukan setelah mereka sebelumnya menyelesaikan umrah wajib,” terangnya.

Baca Juga: Pertamina: Kebutuhan Avtur Penerbangan Haji di Kalsel Tercukupi

Diterangkan Fauzan, pelaksanaan umrah sunnah dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai pada Senin malam, 27 Mei 2024, dengan diikuti oleh sekitar 113 jamaah. Ia menjelaskan bahwa tiga rombongan jamaah melaksanakan umrah sunnah ini, sementara jamaah dengan risiko kesehatan tinggi dan yang sakit dianjurkan untuk beristirahat di hotel.

“Pada malam ini, setelah salat magrib berjamaah, kami berkumpul di depan Hotel Diyafah Jarwal Makkah untuk menuju bus masing-masing. Mohon doanya agar ibadah yang kami laksanakan berjalan lancar,” ujar Fauzan Ahsani.

Adapun umrah sunnah tahap kedua rencananya akan dilakukan pada Rabu, 29 Mei 2024, dengan diikuti rombongan jamaah haji Kloter 9 lainnya. Tahap kedua ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi jamaah yang tidak bisa ikut dalam tahap pertama karena kondisi kesehatan atau alasan lainnya.

Baca Juga: Pertamina: Kebutuhan Avtur Penerbangan Haji di Kalsel Tercukupi

Fauzan Ahsani menyampaikan bahwa semua jamaah akan diberikan kesempatan yang sama untuk melaksanakan umrah sunnah ini, sesuai dengan kondisi kesehatan dan kemampuan mereka.

“Keselamatan dan kenyamanan para jamaah adalah prioritas utama, sehingga langkah-langkah preventif diambil untuk memastikan semua jamaah yang berpartisipasi dalam umrah sunnah berada dalam kondisi yang optimal,” tuturnya

Pembimbing ibadah haji Kloter 9 Embarkasi Banjarmasin, H. Ilhami menyampaikan harapannya agar pelaksanaan ibadah umrah sunnah ini berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah, pada malam ini kami dari Kloter BDJ 9 akan melaksanakan umrah sunnah dan akan mengambil miqat di Tan’im. Mudah-mudahan Allah SWT mempermudah langkah kami untuk melaksanakan ibadah umrah ini, lalu dilancarkan, dimudahkan, dan diberikan kenyamanan dalam beribadah. Mudah-mudahan dengan rahmat Allah SWT nantinya akan membalaskan pahala yang berlipat ganda pada kami semua,” ujar H. Ilhami.

Baca Juga: Pertamina: Kebutuhan Avtur Penerbangan Haji di Kalsel Tercukupi

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, H. Sahidul Bakhri, S.Ag, MA, memberikan tanggapan positif terkait pelaksanaan umrah sunnah oleh jamaah haji Kloter BDJ 09. “Kami sangat bersyukur mendengar kabar bahwa para jamaah haji Kloter 9 Embarkasi Banjarmasin dalam keadaan sehat dan dapat melaksanakan umrah sunnah. Semoga kegiatan ini menambah kekhusyukan ibadah mereka dan memberikan keberkahan serta pahala yang berlipat ganda. Kami di Tabalong terus mendoakan agar seluruh jamaah diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji,” imbuh H Sahidul Bakhri. (adh/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya

0 Komentar