Kouta Haji Indonesia 2023 Bertambah? Menag RI Bertemu Menag Arab Saudi

Haji Indonesia
 portalbanua.com, JAKARTA

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah rencananya akan berkunjung ke Indonesia pada 23 Oktober 2022. Ini adalah kunjungan pertama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi ke Indonesia. Akankah kuota haji 2023 untuk jemaah asal Indonesia ditambah?

Pada Senin 12 September 2022 lalu, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi menemui Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Pertemuan dilakukan kantor Menteri Agama RI di Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat. Mereka membahas persiapan kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah ke Indonesia.

BACA JUGA: Wagub DKI: Jumlah Target Rumah DP Rp 0 Menurun

 

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama RI, Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi mengajak bersama-sama menyukseskan kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi ke Indonesia. "Saya sangat konsen dengan rencana kedatangan Menteri Haji dan Umrah, karena ini kunjungan pertamanya secara resmi ke Indonesia," kata Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag RI, dilansir detik.com, Senin 26 September 2022.

Dia berharap selain mendapat sambutan yang istimewa, kunjungan tersebut juga akan berjalan dengan baik. Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam pertemuan tersebut menegaskan bahwa pihaknya akan secara maksimal mempersiapkan kunjungan Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi ke Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Yaqut juga mengajak Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI dan staf khusus yang nantinya akan mempersiapkan penyambutan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi ke Indonesia. Hal ini sebagaimana Kemenag melakukan penyambutan saat Menteri Urusan Islam Arab Saudi juga berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Bahkan, lanjut Menteri Yaqut, pihaknya juga akan meneruskan surat permohonan untuk bisa bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela-sela kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi tersebut. Jadwal pertemuan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi untuk bertemu Presiden Jokowi masih tentatif, menunggu kepastian dari Sekretariat Negara.

Bahas Kuota Haji 2023 dan Membuat Cemburu Negara Lain

 

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-1494704808758582"
     crossorigin="anonymous"></script>

 

BACA JUGA: Bersama BPS, Walikota Ibnu Sina Buka Regsosek 2022


Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi mengatakan bahwa salah satu materi yang akan dibahas dalam kujungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi adalah kuota jemaah Indonesia. Sehingga memang ini adalah kunjungan istimewa dan dipastikan akan membuat cemburu negara lain.

"Kami mengharapkan kedatangan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi ini mendapat sambutan yang istimewa serta berjalan dengan baik dan tentunya kunjungan ini akan membahas penambahan kuota jemaah haji Indonesia. Kunjungan Menteri Haji dan Umrah ke Indonesia ini tentu akan membuat cemburu negara Islam lainnya," kata Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengaku bahwa saat melaporkan pelaksanaan haji 2022 kepada Presiden Joko Widodo, dia sempat ditanya soal penambahan kuota haji Indonesia di tahun 2023. Sehingga kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi ke Indonesia kali ini adalah momen yang tepat untuk membahas penambahan kuota bagi jemaah haji asal Indonesia.

"Presiden menanyakan apakah penambahan kuota haji ini sudah dibicarakan dengan Menteri Haji dan Umrah. Nah, saya kira ini pintu masuk yang baik untuk menjadwalkan Presiden bisa bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. Dan Presiden menginginkan jawaban yang pasti terkait penambahan kuota haji tahun depan bisa atau tidak," papar Menag Yaqut.

 

BACA JUGA: Hubungkan Startup dengan Pegiat Ekosistem Digital, Telkomsel Gelar T-Connext


Menag Yaqut mengatakan bahwa konsen Presiden Jokowi terkait hubungan Indonesia dengan Arab Saudi tak hanya soal haji, namun juga terkait ekosistem soal perhajian. Belum lama ini Menteri Perdagangan Indonesia berkunjung ke Saudi. Dalam kunjungan tersebut tidak hanya membahas soal perdagangan, namun juga membicarakan soal pelayanan jemaah haji Indonesia. (brt/adh/tim)


 

0 Komentar