Bank Indonesia Kalsel dan Tempo Institute di Capacity Building Jurnalis

 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel Wahyu Pratomo saat membuka Capacity Building Jurnalis menghadirkan pemateri dari Tempo Institute (foto:istimewa)

PORTALBANUA.COM - BANDUNG

Peran serta media yang punya tugas dan tanggung jawab memberikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat luas sangat diperlukan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Kalimantan Selatan Wahyu Pratomo saat membuka kegiatan Capacity Building Jurnalis di Bandung, Minggu (14/5/2023).

Acara juga melakukan kunjungan ke Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) di Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga: Fungsi Tombol Kecil di Remot AC Ini Ternyata Bisa Bikin Tagihan Listrik Lebih Murah

Menurutnya, lewat kegiatan Capacity Building Jurnalis, yang berlangsung 13-16 Mei 2023 ini, maka pemahaman seluruh peserta terhadap fungsi dan tugas BI selaku Bank Sentral dapat ditingkatkan

“Jadi, memperkuat pengelolaan komunikasi kebijakan BI di daerah sangat penting. Ini sesuai pesan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalsel yang kami terima beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Ia juga,  berbagi tentang peran dan fungsi Bank Sentral yang terangkum dalam materi ‘Ke-BankSentral-an’. Sehingga diharapkan, teman-teman media dapat lebih memahami tentang peran dan tugas BI, baik dalam konteks perekonomian! bangsa maupun kedudukannya dalam tatanan Negara.

Baca Juga: Resep Teh Serai Turunkan Kolesterol Secara Alami

"Dalam mengelola kegiatan komunikasi, BI tidak bisa bergerak seorang diri. Jadi butuh teman-teman jurnalis untuk mensosialisasikan ke masyarakat," ucapnya.

Dalam konteks itulah, BI memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para awak media, khususnya di Kalsel, yang telah membantu mengomunikasikan kebijakan BI, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui informasi dan substansi komunikasi kebijakan BI tersebut.

"Capacity Building Jurnalis yang dilaksanakan adalah bagian dari upaya BI dalam mempererat sinergi, kolaborasi, dan hubungan baik dengan para awak media. Karena hanya dengan sinergi yang baiklah, langkah dalam mencapai tujuan dan cita-cita besar yang diinginkan dapat terasa lebih mudah dan ringan," tuturnya.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri 2023, KL LazisMu Al Furqan Berbagi

Menurut Wahyu, serap dengan utuh setiap wawasan dan ilmu yang dipaparkan oleh narasumber, supaya menjadi bekal teman-teman jurnalis semua ketika menulis atau menyiarkan berita.

"Tidak hanya terbatas berita tentang BI, tetapi juga berita yang menjadi tugas dan tanggung jawab teman-teman semua ketika sudah kembali ke Kalsel dan bertugas di medianya masing-masing," imbuhnya. 

Capacity Building Jurnalis juga menghadirkan narasumber dari Tempo Institute, terkait penyegaran terhadap tulisan-tulisan wartawan Kalimantan Selatan (Kalsel). (ad/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya

 

 

0 Komentar