Fungsi Tombol Kecil di Remot AC Ini Ternyata Bisa Bikin Tagihan Listrik Lebih Murah

Remot AC (Foto ilustrasi) 
PORTALBANUA.COM 


Air conditioner atau AC adalah perkakas elektronik rumah tangga yang tak sedikit orang memilikinya. Ini berfungsi untuk mendinginkan ruangan ketika udara panas dan menghangatkan ruangan ketika udara dingin.

Sehingga saat cuaca sedang panas, air conditioner (AC) diandalkan untuk mendinginkan ruangan dengan cepat.

 

AC juga tak hanya berfungsi untuk mendinginkan ruangan ketika udara panas namun dapat menghangatkan ruangan ketika udara dingin.

Karena AC hingga berjam-jam dalam sehari, ini membuat AC menjadi salah satu konsumen listrik terbesar di rumah.


Baca Juga: Muhammad Hidayattollah (Dayat EL) Resmi Daftar DPD RI Dapil Kalsel


Pemakaian listrik untuk AC bahkan terbilang tak sedikit jika diakumulasi setiap bulannya, yang tentu merogoh kocek tak sedikit untuk membayarnya.

Tapi tahukah Anda bahwa tagihan listrik dari pemakaian AC bisa disiasati agar lebih murah setiap bulannya?

 

Ya, ada trik dengan memanfaatkan mode tertentu yang bisa diatur melalui remote AC agar pemakaian listrik AC lebih hemat.

Lihat berikut ini caranya agar Anda bisa mencobanya.

Mode Hemat Pemakaian AC

Jika Anda mencari unit AC modern, Anda akan melihat fitur baru seperti kontrol Wi-Fi dan sensor keberadaan manusia serta mode khusus seperti Eco (hemat energi) dan Sleep (pengurangan kebisingan dan penyesuaian suhu).

 

Mode khusus seperti eco dan sleep ini telah terbukti bisa sangat berguna seperti disampaikan oleh Chris Barner, pakar di Choice Australia.

Barnes yakin banyak dari fitur-fitur baru ini sebenarnya sangat berguna untuk menghemat energi dan meningkatkan kenyamanan pengguna.

 

Baca Juga: CSR Bank Kalsel Dukung Program Semesta Mencegah Stunting #CukupDuaTelur

 

"Tidak satu pun dari mereka yang 'harus dimiliki', tetapi mereka bisa sangat efektif dalam meningkatkan kenyamanan dan kemudahan serta mengurangi biaya operasional," ucapnya.


Misalnya, fitur sensor manusia menghemat uang Anda dengan membiarkan suhu bervariasi dari set-point yang diinginkan ketika dapat merasakan tidak ada orang di dalam ruangan.


Fitur-fitur ini beroperasi dengan cara yang berbeda dan dirancang untuk membantu menghemat energi, sehingga mengurangi tagihan listrik Anda.

Lalu apa sebenarnya fungsi kedua mode ini?

1. Mode Sleep

Fungsi "sleep" pada remote AC adalah untuk mengatur waktu berapa lama AC akan tetap menyala sebelum secara otomatis mati. Ini berguna untuk menghemat listrik dan menjaga kenyamanan saat tidur.


Dalam mode "sleep", suhu pada AC akan secara perlahan meningkat atau menurun setelah beberapa waktu tertentu dan AC akan mati setelah waktu yang ditentukan telah berakhir.

 

Baca Juga: WKU Hj Helda Larasati Optimis Gapensi Kalsel Terus Bangkit

 

Mode "sleep" pada AC dapat diprogram dengan beberapa opsi waktu, tergantung pada model AC dan remote-nya.

Beberapa remote AC memiliki opsi waktu tidur yang ditentukan, seperti 1 jam, 2 jam, 4 jam, atau 8 jam, sementara yang lainnya memungkinkan pengguna untuk memilih waktu tidur yang tepat sesuai kebutuhan.


Penggunaan mode "sleep" pada AC sangat berguna untuk menghemat biaya listrik dan menjaga kenyamanan saat tidur.

Dengan menggunakan mode ini, pengguna dapat menghindari AC yang terus menyala selama berjam-jam saat mereka tidur atau bepergian, sehingga menghemat biaya listrik yang tidak perlu.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu khawatir tentang AC yang menyala terlalu lama dan menyebabkan kelembaban berlebih di dalam ruangan, yang dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri di lingkungan tersebut.

2. Mode Eco

Fungsi Eco pada remote AC adalah untuk menghemat penggunaan energi saat AC dioperasikan.

Ketika mode Eco diaktifkan, suhu di dalam ruangan akan diatur sedikit lebih tinggi atau lebih rendah dari suhu yang diinginkan dan mengurangi konsumsi energi listrik.

 

Baca Juga: Bank Indonesia Kalsel 'Ekspedisi Rupiah Susur Sungai' di Banjarmasin


Saat mode Eco diaktifkan, AC akan bekerja dalam beberapa siklus, memastikan suhu tetap stabil dan udara di dalam ruangan tetap nyaman.

Fungsi ini sangat berguna bagi orang-orang yang ingin mengurangi penggunaan energi dan mengurangi biaya tagihan listrik mereka.

 

Baca Juga: Telkomsel Dukung Kemajuan Pendidikan, Gelar Try Out UTBK 2023 di Banjarmasin dan Makassar

 

Hal ini tidak hanya membantu menghemat uang pada tagihan listrik Anda, tetapi juga membantu menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi karbon.

Namun, mode Eco juga dapat menyebabkan pengurangan performa pendinginan, sehingga jika suhu ruangan terlalu panas, lebih baik untuk menonaktifkan mode Eco agar AC dapat bekerja dengan optimal dan memberikan suhu yang diinginkan. (adh/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya


0 Komentar