Manfaat Buah Salak bagi Tubuh

Buah Salak Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan
PORTALBANUA.COM

Buah Salak bagi kesehatan berasal dari berbagai kandungan nutrisinya, seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Dengan mengonsumsi salak, imunitas tubuh dapat terjaga dan risiko penyakit serius dapat diminimalisir.

Di balik kulitnya yang bersisik, salak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut bisa didapatkan karena buah yang satu ini tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, tetapi juga berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin B2, vitamin C, potasium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi.

Baca Juga: Tingkatkan Ekonomi UMKM melalui Pameran Pembangunan di Tanbu

Selain nutrisi tersebut, senyawa kimia dalam buah salak seperti flavonoid, likopen, dan karotenoid juga tak kalah penting dalam menunjang kesehatan tubuh.

Ada berbagai manfaat salak untuk kesehatan, dilansir dari beberapa sumber, sebagai berikut:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Konsumsi salak diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat salak bisa didapatkan karena kandungan vitamin C di dalamnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi.

Baca Juga: 'Meruwat' Indonesia, Arah Gerakan Kebangkitan Nasional Baru?

Selain itu, antioksidan seperti karotenoid dan likopen yang ada pada salak juga bermanfaat dalam meningkatkan imunitas karena mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel dan DNA tubuh.

2. Mencerahkan kulit

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak salak dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Senyawa flavonoid dalam ekstrak buah ini juga terbukti efektif dalam menekan produksi melanin, sehingga dapat digunakan sebagai bahan dasar krim pemutih kulit.

3. Mencegah sembelit

Masih banyak orang yang percaya bahwa mengonsumsi buah salak dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Ini hanyalah mitos karena faktanya mengonsumsi salak dalam jumlah sedang justru dapat mencegah sembelit.

Baca Juga: Jurnalis Kunjungi Perum Peruri bersama KPw Bank Indonesia Kalsel

Hal ini karena kandungan serat pada salak bermanfaat untuk menunjang kesehatan saluran cerna, meningkatkan bakteri baik pada usus, dan membuat feses menjadi lebih lunak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

4. Menurunkan berat badan

Anda juga bisa memasukkan buah salak dalam menu diet Anda untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena salak mengandung serat yang tinggi sehingga mengonsumsinya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. (*)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya  

 

0 Komentar