Trik Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya, Pakai 3 Bahan Dapur

 

Daun Pepaya Rasa Pahit

PORTALBANUA.COM

Daun pepaya dikenal pahit, tapi nyatanya masih banyak orang gemar mengonsumsi olahan sayuran hijau satu ini. Rasa pahit berlebih pada daun pepaya sebenarnya muncul karena cara mengolahnya yang kurang tepat, lho.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Salah satunya dengan cara direbus sebelum diolah. Kemudian rebusan diberi ampo atau tanah liat. Proses perebusan ini juga berguna untuk melunakkan daun pepaya, lho.

Namun, tidak semua orang siap stok atau punya persediaan tanah liat. Kamu pun perlu memutar otak dan memilih cara lain untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya, nih.

Baca Juga: WKU Hj Helda Larasati Optimis Gapensi Kalsel Terus Bangkit

Salah satu pengguna TikTok dengan akun @chimigomo membagikan trik menghilangkan rasa pahit daun pepaya tanpa menggunakan tanah liat, lho. Hanya menggunkan 3 bahan saja, rasa pahit pada daun pepaya bisa hilang.

Dilansir dari TikTok @chimigomo pada Jumat (12/5/2023), bahan yang dibutuhkan yaitu garam, daun jambu klutuk, dan asam jawa.

Langkah pertama, pilih daun pepaya yang masih muda. Selanjutnya, masukkan daun pepaya ke wadah lalu beri garam dan remas-remas.

Daun pepaya yang sudah direndam sama air garam lalu di remes remes

Cuci daun pepaya yang sudah diberi garam sampai bersih. Lakukan pencucian ini berulang kali, bisa 2-3 kali.

Setelah daun pepaya dicuci bersih, tambahkan air ke dalam wadah. Lalu masukkan garam, daun jambu klutuk, dan asam jawa. Selanjutnya rebus daun pepaya hingga empuk.

Jika daun telah empuk, angkat dan pindahkan daun pepaya ke wadah lain. Setelah itu, cuci lagi daun pepaya menggunakan air bersih.

Daun pepaya pun sudah siap untuk diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Tertarik untuk mencobanya? (adh/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya

 

0 Komentar