Talkshow Olah Rasa Digelar Yayasan Hasnur Centre di Aula UMB

PORTALBANUA.COM - BANJARMASIN

Tekanan pemuda milenial di era modern ini semakin kompleks. Sebab itu perlu benteng yang kokoh agar mental mereka terjaga dengan baik dan siap menghadapi tantangan modernisasi.

Kesiapan itu diupayakan Yayasan Hasnur Centre bekerja sama dengan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menggelar Talkshow Olah Rasa dengan tema “Jalin Kolaborasi Pentahelix Menuju Generasi Indonesia Yang Sehat Mental”, di Aula UMB, Jumat (8/3/2024)

Perwakilan Yayasan Hasnur Centre, Wawan Prasetyo menyampaikan, bahwa apa yang dimaksud dengan kegiatannya itu adalah perlunya kolaborasi baik dari lembaga pendidikan, pemerintah, dan organisasi/komunitas pemuda.

Baca Juga: Bantu Sembako untuk Posyandu ‘Senyum Ceria’

Apalagi era sekarang ini tekanan sosial yang dihadapi pemuda semakin meningkat. Resiko stres dan tantangan psikologis dan isu kesehatan mental semakin mendesak untuk diperhatikan.

Talkshow Olah Rasa yang digelar Yayasan Hasnur Centre di Aula UMB, Jumat (8/3/2024).
Talkshow Olah Rasa yang digelar Yayasan Hasnur Centre di Aula UMB

Baca Juga: Bantu Sembako untuk Posyandu ‘Senyum Ceria’

Namun, stigma yang masih melekat pada topik ini menjadi kendala besar dalam membuka dialog yang lebih terbuka dan mendalam.

“Dalam menjawab tantangan tersebut, Yayasan Hasnur Centre, melibatkan berbagai kolaborator. Kami berkomitmen untuk membangun sumber daya manusia di Bumi Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan dan Indonesia pada umumnya,” katanya.

Baca Juga: Bantu Sembako untuk Posyandu ‘Senyum Ceria’

Talkshow Olah Rasa menghadirkan tiga panelis dengan latar belakang yang berbeda, antara lain Ceria Hermina, M.Psi, seorang psikolog akademisi yang menyampaikan wawasan keilmuan tentang kesehatan mental.

Turut hadir pula Anandyta Amalia, seorang Duta Generasi Berencana, yang mengemukakan pandangan anak muda terkait isu tersebut. Acara juga diperkaya dengan cerita perjalanan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan program-programnya dalam menangani isu kesehatan mental, yang disampaikan oleh Akbar Restu Fauzi.

Baca Juga: Bantu Sembako untuk Posyandu ‘Senyum Ceria’

“Dengan melibatkan narasumber yang berkompeten di bidang kesehatan mental, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta pemuda yang membagikan pengalaman mereka dalam mengatasi masalah kesehatan mental, diharapkan acara ini dapat merangsang perubahan sikap dan perilaku positif terkait kesehatan mental pemuda,” ucapnya. (adh/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya 

0 Komentar