Kurma Palestina dan Kurma Libya Jadi Buruan Warga di Ramadhan 2023

 

Kurma Palestina Merambah dan Dijual ke Seluruh Negara, Termasuk Kota Banjarmasin, Kalsel, Indonesia

PORTALBANUA.COM - BANJARMASIN

Berbuka dan sahur saat momen Ramadan tidak lengkap rasanya jika tidak memakan buah kurma. Karena itulah wajar jelang momen dan selama bulan Ramadan penjualan buah kurma menjadi meningkat tajam.

Dari pantauan Minggu, di Pasar Sudimampir Banjarmasin, sejumlah pedagang kurma mengaku penjualan kurma meningkat signifikan, bahkan mencapai 200 persen dibanding hari biasa.

“Meningkatnya pembelian kurma mulai sebelum Ramadan dan sampai puncaknya nanti pada seminggu sebelum Lebaran,” ucap pemilik Toko Oleh-Oleh Anaz di Pasar Sudimampir Banjarmasin.

Baca Juga: Tips #Cari_Aman Berkendara Saat Hujan

Ada pun kini untuk jenis kurma yang diminati sudah bergeser dibanding tahun lalu, yakni kurma jenis Palestina. Bentuknya yang unik dan lebih besar menjadikan kurma Palestina kini banyak dibeli oleh masyarakat.

“Harganya juga agak mahal, yaitu dijual Rp200 ribu perkilogram,” tambahnya.

Ada pun untuk jenis kurma lain juga masih banyak dicari masyarakat, namun tidak sebanyak tahun 2022 lalu. “Ya, jenis kurma Azwa dan Sukhari yang dibandrol dari Rp40 ribu – Rp200 ribu perkilogram,” tandasnya.

Tidak berbeda,  Nadi, pemilik Toko Kurma lainnya, mengaku turut merasakan berkah saat ikut kurma di momen Ramadan 2023 kali ini.

Baca Juga: 17 Jam Puasa Ramadhan di Dagestan Rusia, Kebersamaan

Bahkan jelang momen Ramadan hingga hari pertama Ramadan ini penjualan kurmanya sudah mampu menembus sebanyak 2.000 ember.

“Kalau di tempat saya ini selain Kurma Palestina, Kurma Libya juga laku keras. Padahal tahun lalu Kurma Sukhari dan Ajwa yang jadi primadona,” bebernya.

Untuk harga kurma di tempatnya, jelasnya, pada tahun 2023 ini mengalami kenaikan Rp5 ribu – Rp10 ribu perkilogram. “Kenaikan akibat naiknya harga kurma dari negeri penghasil dan membengkaknya biaya operasional karena naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM),” imbuhnya. (ad/brt/tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya 

 

0 Komentar