6 Jam Tunggu Kapal di Pelabuhan Merak: Toilet pun Antre Panjang

 

Padatnya Antrian Mobil di Pelabuhan Merak

PORTALBANUA.COM - JAKARTA

Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak masih belum terurai. Pemudik yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni harus menunggu hingga lebih dari lima jam untuk mendapat giliran masuk ke kapal.

Novita, salah satu pemudik dengan tujuan Bandarlampung bercerita, ia dan keluarga tiba di Pelabuhan Merak Kamis (20/4) pukul 11.30 WIB.

"Saat tiba di Merak, kendaraan langsung diarahkan ke barisan antrean panjang dan berputar. Antrean terdiri dari beberapa lapis dan setiap lapis ada barisan-barisan antrean lagi, setiap lapis menunggu hingga 30-45 menit," ungkap warga Pamulang, Tangerang Selatan kepada CNNIndonesia.com.

Baca Juga: Cara Atur Keuangan saat Lebaran untuk Ibu Rumah Tangga

Kepadatan Mobil para Pemudik Kian Parah

Selama berjam-jam menunggu, Novita dan pemudik lainnya yang masih menunggu giliran masuk kapal memilih untuk keluar mencari makanan atau untuk pergi ke kamar kecil. "Toilet pun antre panjang," katanya.

Novita baru bisa masuk ke kapal penyeberangan sekitar pukul 17.00 WIB. Tak hanya Novita, salah satu pemudik yang enggan disebut namanya juga mengaku telah mengantre sejak pukul 11.00 WIB dan baru mendapat giliran masuk kapal pukul 17.00 WIB.

"Lapisan terakhir pemeriksaan tiket dan langsung masuk barisan antrean sebelum masuk kapal. Kendaraan diarahkan masuk kapal selama masih ruang di kapal masih tersedia. Kalau kapal penuh harus menunggu kapal selanjutnya," paparnya.

Baca Juga: Momen Idul Fitri, Kembali Telahir Fitrah

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sejauh ini telah mencatat sebanyak 18.542 unit kendaraan roda empat yang menggunakan jasa kapal feri di Pelabuhan Merak pada 19-20 April 2023.

Menurut Coorporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, angka tersebut naik 6 persen dibanding tahun lalu di periode yang sama sebanyak 17.452 unit.

Jika dibandingkan dengan catatan ASDP kemarin, 18-19 April, angka tersebut naik 2 kali lipat dari yang sebelumnya hanya 9.033 unit saja.

Baca Juga: Ditetapkan Pemerintah, Lebaran Idul Fitri 2023 Sabtu 22 April

"Hingga saat ini tercatat sebanyak 39.129 unit kendaraan telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera," ujar Shelvy dalam keterangannya, Kamis (20/4).

Sebaliknya, dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak, ASDP mencatat sebanyak 7.096 unit kendaraan yang tiba ke Tangerang pada 19-20 April 2023.

Selain itu, ASDP juga mengerahkan lebih banyak kapal dari pada kemarin yang hanya menggunakan 47 menjadi 50 kapal dalam satu hari.

"50 kapal beroperasi dalam 24 jam mulai 19-20 April 2023," tuturnya. (tim)

Follow Portal Banua di Google News Cek Berita Lainnya

0 Komentar